Membuat Black Garlic

Cara Membuat Black Garlic Dengan Oven

Black Garlic, bumbu ajaib yang memiliki rasa manis dan aroma yang khas, telah menjadi populer di dunia kuliner. Namun, tahukah Anda bahwa black garlic tidak diperoleh secara instan? Black garlic mengalami proses fermentasi alami yang memakan waktu berhari-hari. Dalam artikel ini, kita akan mengungkapkan rahasia di balik proses pembuatan black garlic yang membutuhkan kesabaran dan dedikasi. Namun, jangan khawatir, karena di akhir artikel ini akan ada saran praktis yang akan memudahkan Anda dalam menikmati black garlic dengan mudah dan praktis.
Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat black garlic menggunakan oven:

  1. Persiapan Bawang Lanang:
    Beli bawang lanang segar dengan kualitas yang baik. Pilih bawang lanang yang utuh dan tidak rusak. Bersihkan bawang lanang . Pastikan bawang lanang dalam keadaan kering sebelum proses fermentasi.
  2. Penyiapan Oven:
    Panaskan oven pada suhu rendah sekitar 60-70 derajat Celsius (140-160 derajat Fahrenheit). Pastikan oven Anda dapat menjaga suhu yang rendah dan konsisten selama beberapa minggu.
  3. Susun Bawang Lanang:
    Susun bawang lanang dalam nampan oven atau loyang dengan hati-hati. Pastikan bawang lanang terpisah satu sama lain dan tidak terlalu berdekatan. Ini memastikan sirkulasi udara yang baik di sekitar bawang lanang.
  4. Proses Fermentasi:
    Tempatkan loyang dengan bawang lanang di dalam oven yang sudah dipanaskan. Biarkan bawang lanang mengalami fermentasi selama 2-3 minggu. Selama proses ini, bawang lanang akan mengalami perubahan warna menjadi gelap dan menghasilkan rasa manis yang khas.
  5. Pengawasan dan Periksa Kondisi:
    Selama proses fermentasi, periksa kondisi bawang lanang secara berkala. Pastikan suhu oven tetap stabil dan tidak terlalu tinggi. Juga, perhatikan kelembapan di dalam oven. Jika kelembapan terlalu tinggi, Anda bisa membuka sedikit pintu oven untuk membiarkan uap keluar.
  6. Penyimpanan:
    Setelah proses fermentasi selesai, keluarkan black garlic dari oven dan biarkan dingin selama beberapa hari untuk memperoleh tekstur yang lebih lembut. Setelah dingin, Anda dapat menyimpan black garlic dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan gelap untuk menjaga kualitasnya.

Penting untuk diingat bahwa proses pembuatan black garlic dengan oven membutuhkan waktu yang lama dan perhatian dalam mengendalikan suhu dan kelembapan oven. Pastikan Anda melakukan pengawasan yang baik selama proses fermentasi. Jika Anda tidak ingin repot membuat black garlic dari awal, Anda dapat memilih untuk membeli black garlic yang sudah jadi, seperti Black Garlic Ashabul Kahfi, yang tersedia di pasaran dengan kualitas yang terjamin dan praktis untuk digunakan dalam hidangan Anda.

Tidak perlu lagi ribet dan repot membuat black garlic dari awal. Anda dapat memilih Black Garlic Ashabul Kahfi yang siap dikonsumsi dan menghadirkan keajaiban rasa dan manfaat kesehatan black garlic dalam setiap hidangan Anda. Dengan memilih produk ini, Anda dapat menikmati kemudahan dan praktisitas tanpa mengorbankan kualitas dan manfaat yang dimiliki oleh black garlic.

Kesimpulan:
Proses pembuatan black garlic adalah kombinasi antara seni dan ilmu pengetahuan yang membutuhkan waktu dan perhatian yang besar. Namun, bagi mereka yang tidak memiliki waktu atau keinginan untuk melakukan proses rumit ini, pilihan yang lebih praktis adalah dengan memilih Black Garlic Ashabul Kahfi yang siap dikonsumsi. Dengan memilih produk ini, Anda tidak hanya menghemat waktu dan tenaga, tetapi juga menjamin kualitas dan manfaat yang diperoleh dari black garlic. Jadi, tidak perlu ribet lagi, pilihlah Black Garlic Ashabul Kahfi dan nikmati keajaiban black garlic tanpa kesulitan.

Artikel yang lain :


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *