Perbedaan Bawang Lanang dan Bawang Biasa

Perbedaan Bawang Lanang dan Bawang Biasa

Bawang lanang (Allium ampeloprasum var. porrum) atau biasa disebut bawang prei adalah jenis bawang yang memiliki beberapa perbedaan dengan bawang biasa, yang umumnya merujuk pada bawang merah atau putih (Allium cepa). Tetapi mereka memiliki perbedaan yang mencolok. Dalam dunia kuliner, mengenali perbedaan antara keduanya dapat membantu meningkatkan cita rasa dan memberikan variasi pada hidangan favorit Anda. Mari kita jelajahi perbedaan bawang lanang dan bawang biasa yang akan mengubah cara Anda memasak!

  1. Bentuk dan Tampilan:
    Bawang lanang memiliki bentuk yang lebih panjang dan ramping daripada bawang biasa. Bawang lanang memiliki batang yang silinder dan daun yang lebih hijau, sedangkan bawang biasa memiliki tunas yang lebih bulat dengan daun yang lebih pendek.
  2. Rasa:
    Bawang lanang memiliki rasa yang lebih ringan dan lembut dibandingkan dengan bawang biasa. Bawang lanang umumnya memiliki rasa yang lebih manis dan kurang tajam dibandingkan dengan bawang biasa.
  3. Penggunaan Kuliner:
    Bawang lanang sering digunakan dalam berbagai hidangan, terutama dalam sup, rebusan, tumisan, atau digunakan sebagai bahan dalam saus dan kuah. Bawang biasa, seperti bawang merah atau putih, sering digunakan dalam berbagai hidangan, mulai dari tumisan hingga penggunaan sebagai bumbu dalam masakan.
  4. Komposisi Nutrisi:
    Meskipun bawang lanang dan bawang biasa memiliki nutrisi yang bermanfaat, kandungan nutrisi mereka sedikit berbeda. Bawang lanang cenderung memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi daripada bawang biasa. Namun, bawang biasa, terutama bawang merah, cenderung mengandung senyawa antioksidan yang lebih tinggi, seperti quercetin dan allicin.

Perbedaan-perbedaan ini menunjukkan bahwa bawang lanang dan bawang biasa memiliki karakteristik yang berbeda dan dapat digunakan dalam konteks kuliner yang berbeda pula. Pilihan antara bawang lanang dan bawang biasa tergantung pada preferensi rasa dan penggunaan dalam resep masakan yang diinginkan.

lalu apa keunggulan masing-masing dan kekurangannya ?
simak artikel kita berikut ini


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *